Iklan ukuran 728x90

Mengenal Lebih Jauh Kista Indung Telur

Kista adalah suatu bentuk tumor yang terdiri dari jaringan epitel dan berisi cairan. Inilah yang membedakan dengan tumor lain yang biasanya berupa benjolan padat.
    Kista dapat tumbuh dalam jaringan atau organ manapun dalam tubuh kita. Tak heran bila dikenal beberapa jenis kista. Namun yang lebih dikenal yaitu kista indung telur.
    Kista indung telur dapat menyerang wanita pada usia produktif, yaitu antara usia pubertas hingga masa menopause. Sayang nya penyakit ini sering kali tidak dapat di deteksi sejak awal karena proses pertumbuhan kista itu sendiri biasanya tanpa gejala. Keberadaanya baru bisa di deteksi jika wanita yang bersangkutan melakukan pemeriksaan rongga panggul.
    Untungnya kista indung telur bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu, 95 % kista jenis ini bersifat jinak, dengan kata lain kista ini tidak menyerang jaringan maupun organ-organ dimana ia tumbuh seperti halnya tumor ganas / kanker.
    Kista indung telur terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :
  • Kista Folikel
    Kista ini berasal dari sel telur yang tidak sampai berovulasi. Kista jenis ini biasanya berisi cairan jernih dan seringkali mengandung hormon estrogen. Oleh karena itu penderita kista folikel biasanya menderita gangguan siklus menstruasi seperti tidak teratur, sering terlambat bahkan mengalami nyeri saat datang bulan.
  • Kista Korpus Luteum
    Korpus Luteum adalah sisa folikel indung telur setelah ovulasi. Kista ini terdiri dari lapisan berwarna kuning dan cairan berwarna merah kecoklatan. Kista jenis ini dapat menimbulkan gangguan siklus haid dan rasa kembung serta tidak enak pada perut bagian bawah.
  • Kista Dermoid
    Kista ini merupakan gangguan yang dapat timbul pada wanita usia 20 - 30 tahun. Kista dermoid merupakan tumor bawaan yang terdiri dari jaringan yang membentuk sel telur hingga sering dijumpai di indung telur. Umumnya kista jenis ini berisi cairan berminyak , potongan tulang rawan, gigi dan rambut. Pada kista ini dapat menimbulkan nyeri mendadak di perut bagian bawah.
    
    Penanganan kista indung telur tergantung pada kondisi kista itu sendiri. Kalau masih memungkinkan, kista dapat hilang dengan sendiri nya tanpa bantuan obat sama sekali. Seperti contohnya kista folikel yang dapat hilang dalam dua siklus datang bulan. Hanya saja  perlu diperhatikan juga asupan gizi serta tingkat stres penderitanya. Namun jika tiba-tiba penderita mengalami sakit yang amat sangat pada perut bagian bawah disertai mual dan demam, penderita sebaiknya segera dibawa ke dokter karena bisa saja terjadi infeksi.
    Jika ukuran kista semakin membesar dan tidak kunjung hilang, diperlukan tindakan pengangkatan dengan cara operasi. Sebelum tindakan operasi dilakukan perlu dibicarakan terlebih dahulu tentang sejauh mana operasi pengangkatan kista tersebut akan dilakukan. Apakah pengangkatan akan dilakukan dengan indung telur tetap utuh, teriris sebagian atau malah harus diangkat seluruhnya. Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. 
    Setelah penderita kista memilih tindakan operasi yang dilakukan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan patologi jaringan untuk menantisipasi apakah kista tersebut termasuk golongan ganas atau apakah akan tumbuh kembali kista pasca dilakukan operasi. karena pada beberapa kasus kista indung telur yang telah di angkat, ternyata dapat muncul kembali. Hal ini dikarenakan siklus datang bulan yang berulang hingga masa menopause.
     Umumnya kista tidak berbahaya dan jarang sekali menjadi ganas, serta dapat timbul dan hilang dengan sendirinya. namun dengan demikian, jika sudah terdeteksi menderita kista harus dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui perkembangan dari kista tersebut. Apakah membesar, tetap atau bahkan menghilang. 
    Selain itu, bagi wanita yang merasa gejala-gejala seperti sakit yang timbul dan hilang dibagian bawah perut, sakit saat berhubungan seks atau beberapa gangguan datang bulan, tidak ada salahnya jika memeriksakan diri ke dokter dokter kandungan atau melakukan pemeriksaan rongga panggul. 




Sumber : konsultasi ilmiah dr. Sugito dengan Majalah Ayah Bunda



Mengenal Lebih Jauh Kista Indung Telur Mengenal Lebih Jauh Kista Indung Telur Reviewed by dara chantik on August 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Iklan ukuran 728x90
Powered by Blogger.